welcome to Not Only Green weblog

Google Website Translator Gadget

Sunday, December 5, 2010

Bayi akan Tidur Tenang Saat Berusia 5 Bulan

detikHEALTH - Kurang tidur adalah keluhan umum orangtua yang baru saja memiliki bayi karena bayinya tak mau tidur malam. Kini sebuah studi menunjukkan bahwa bayi akan mulai tidur dengan tenang sepanjang malam setelah berusia 5 bulan.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Jacqueline Henderson dari University of Canterbury di New Zealand menuturkan bahwa secara realistis orangtua bisa berharap memiliki periode tidur yang tidak terganggu setelah bayinya berusia 5 bulan.

Dalam penelitian ini Henderson dan rekannya melihat pola tidur di tahun pertama kehidupan 75 bayi sehat. Penilaian yang dilakukan terbagi dalam tiga kriteria yaitu bayi yang tidur tengah malam hingga jam 5 pagi, bayi yang tidur selama 8 jam setiap malam dan bayi yang tidur dari jam 10 malam hingga jam 6 pagi.

Peneliti menemukan pada usia 5 bulan, setengah dari bayi-bayi ini akan memberikan ibu dan ayahnya istirahat malam yang normal, yaitu tidur dari jam 10 malam hingga jam 6 pagi.

Hasil penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Pediatrics ini juga menunjukkan bayi yang berusia 3 bulan umumnya akan mulai tidur dari tengah malam hingga jam 5 pagi, sedangkan bayi berusia 4 bulan akan tidur 8 jam setiap malam tapi waktunya tidak teratur.

"Salah satu sumber penderitaan bagi keluarga yang baru memiliki bayi adalah kesulitan untuk tidur dengan tenang dan sering terbangun di malam harinya," ujar Avi Sadeh seorang psikologis klinis anak dan keluarga dari Tel Aviv, Israel, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (27/10/2010).

Sadeh menuturkan agar bayi bisa tidur dengan nyenyak di malam hari, orangtua sebaiknya menciptakan lingkungan tidur yang tenang, gelap, temperatur yang tepat serta rutinitas dan jadwal tidur yang konsisten setiap malamnya.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...