welcome to Not Only Green weblog

Google Website Translator Gadget

Tuesday, December 14, 2010

Foto Ulat Ganti Kulit

DSC03311DSC03312

Ga pernah berpikir sebelumnya kalau ternyata ulat itu mengalami proses berganti kulit juga ya. Kirain sih tubuhnya membesar terus tanpa adanya proses lain sampai akhirnya menjadi kepompong. Tapi apa yang aku lihat beberapa waktu lalu akhirnya memberi pemahaman baru mengenai ulat ini ya.

DSC03313DSC03318

Awalnya sih aku melihat ada seekor ulat yang sedang memakan sesuatu. Setelah aku dekati dan amati lagi, sepertinya yang sedang dimakannya itu adalah sesuatu yang menyerupai bentuk ulat itu sendiri, walaupun hanya terlihat bagian belakangnya sedikit saja. Apakah ulat ini memakan ulat lain dari jenisnya sendiri atau apa ya? pikirku saat itu keheranan.

DSC03319DSC03320

Lalu aku teringat dengan seekor ulat lain, ulat yang sejenis, yang dari kemarin sore aku lihat berdiam diri saja dibalik sebuah daun. Ketika aku dekati, ternyata ulat itu sedang melakukan suatu proses yang selama ini tidak pernah aku pikirkan, BERGANTI KULIT!!!!

DSC03321DSC03322

Benar-benar suatu pengalaman yang cukup membuatku merasa takjub ya melihat bagaimana proses ulat berganti kulit ini berlangsung.

DSC03323DSC03331

Satu hal lagi yang ingin aku saksikan adalah, apakah ulat ini juga akan memakan bekas kulitnya sendiri, seperti yang aku lihat sebelumnya, setelah proses berganti kulitnya selesai dan setelah ulat itu menunggu beberapa saat sampai semua organ tubuhnya mengeras.

DSC03335DSC03336

Rupanya memang ulat dari jenis tersebut benar-benar memakan bekas kulitnya yang telah terlepas tadi ya sampai hanya tinggal tersisa sedikit saja.

DSC03301

Foto diatas adalah ulat sejenis yang pertama kali aku lihat sedang memakan sesuatu yang ternyata adalah bekas kulitnya sendiri ya.

DSC03352 

Foto diatas adalah ulat yang aku temui pada sore hari yang sama ketika aku membuang sampah di kebun. Sepertinya ulat ini juga habis mengalami proses berganti kulit ya dan sedang menunggu proses mengerasnya organ-organ tubuhnya yang masih terlihat berwarna keabuan ya (kaki dan kepalanya).

Foto-foto ulat ganti kulit adalah hasil iseng jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...