welcome to Not Only Green weblog

Google Website Translator Gadget

Monday, November 15, 2010

Foto Menemukan Ngengat Mati

ngengat aktif di sore dan pagi hari 02

Ngengat adalah salah satu serangga yang kebanyakan aktif di sore (magrib) dan pagi hari (subuh). Aku sering sekali melihat, saat akan berwudhu pada waktu magrib atau subuh, ngengat-ngengat yang terbang mencari makan pada bunga-bunga pepaya gantung yang tumbuh dekat kamar mandi di rumah di Jonggol, Jawa barat. Kecepatan geraknya dan caranya mencari makan sambil terus terbang kesana kemari sungguh mengagumkan. Ingin sekali ya untuk bisa mendapatkan foto ngengat-ngengat itu yang sedang terbang mencari makan, tapi sayang sekali hal itu merupakan sesuatu yang sangat sulit untuk aku lakukan :-(

ngengat mati 04

Pada suatu pagi ketika sedang beres-beres rumah, aku menemukan seekor ngengat yang salah satu sayapnya sobek di dalam rumah. Mungkin ngengat ini sedang istirahat di salah satu kayu di langit-langit rumah sebelum akhirnya diserang oleh cicak ya. Aku pernah melihat pada suatu malam seekor ngengat yang sedang hinggap dikayu yang ada dilangit-langit rumah saat sedang memperhatikan cicak-cicak yang sedang mencari makan.

ngengat mati 06

Awalnya ngengat ini masih hidup waktu baru aku temukan. Aku lalu menaruhnya di gelas kecil dan meletakannya di dalam kamar. Sepanjang siang ngengat itu diam saja. Tetapi ketika hari menjelang magrib, aku mendengar suara ribut dari dalam gelas itu. Rupanya ngengat itu sedang berusaha terbang dengan salah satu sayapnya yang sobek itu. Ngengat itu terus saja berusaha untuk terbang walaupun usahanya itu sia-sia. Esok paginya aku menemukan ngengat itu sudah mati dan ada beberapa butir telur kecil di dasar gelas. Rupanya ngengat itu sedang ingin bertelur semalam..kasian sekali ya…

ngengat mati 05

ngengat mati 13

ngengat mati 12

ngengat mati 09

 ngengat mati 14

ngengat mati 10

ngengat mati 17

ngengat mati 15

Foto-foto menemukan ngengat mati adalah hasil jeprat jepret hape sony ericsson k800i.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...