welcome to Not Only Green weblog

Google Website Translator Gadget

Tuesday, November 2, 2010

Makanan Untuk Kesehatan Kulit

KOMPAS.com - Selain perawatan dari luar, kulit juga butuh asupan dari dalam. Apa yang bisa dilakukan untuk kesehatan kulit hampir serupa dengan yang bisa dilakukan untuk kesehatan jantung kita, antara lain; mengatur berat badan, menjaga mood, dan menjalani hidup lebih baik. Caranya adalah dengan berolahraga rutin, tidur cukup, dan makan dengan sehat. Ada makanan tertentu yang memiliki kandungan yang diperlukan untuk kesehatan kulit. Makanan apa sajakah itu?

* Seafood
Komponen aktif yang terdiri dari asam lemak Omega-3 dan seng (zinc) di makanan laut mampu membantu kulit tampil lebih mulus, bersih, dan berseri. Kebanyakan tipe ikan dan kerang akan memberikan efek yang sama pada kulit. Menambah asupan asam lemak Omega-3 bisa mengurangi kulit kering dan peradangan. Peradangan bisa menyebabkan penuaan lebih cepat, dan riset menunjukkan bahwa kekurangan asupan Omega-3 bisa menyebabkan masalah kulit, seperti eksim dan psoriasis. Selain itu, menjaga jantung tetap sehat dan mendorong sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang bagus amat baik untuk kesehatan kulit.

Seng bisa membantu melawan jerawat karena fungsinya dalam memetabolisasikan testosteron, yang berpengaruh pada produksi minyak pada kulit (sebum), penyebab jerawat. Seng juga membantu produksi sel kulit baru dan peluruhan sel kulit lama.

SungYuri-SkinFood* Sitrus
Vitamin C tak hanya baik untuk kebugaran tubuh, tetapi juga untuk kulit halus dan kencang. Vitamin C adalah bahan utama yang sering digunakan krem kecantikan. Vitamin C ini membantu produksi kolagen pada tubuh. Kolagen akan berkurang dan makin cepat perpecahannya mulai saat kita menginjak usia 35 tahun, dan membuat kulit menggelayut. Mengkonsumsi vitamin C dari makanan, seperti jeruk, grapefruit, ceri, dan tomat bisa membantu menguatkan kulit, serta mencegah keriput datang cepat.

Tak hanya itu, vitamin C juga melawan peradangan, dan antioksidannya bisa menetralisir radikal bebas (molekul oksigen bereaksi tinggi) yang merusak sel dan menyebabkan penuaan dini pada wajah. Selain itu, cabai, paprika, dan sprout adalah bahan makanan yang juga kaya vitamin C.

* Sayuran merah dan hijau
Kulit cerah dan mulus? Tentu jangan melupakan sayuran hijau serta merah. Komponen dari sayuran yang mengandung vitamin A dan beta-karoten akan membantu organ terbesar dari tubuh ini. Cari kedua kandungan ini dari dalam sayuran seperti wortel, kentang manis, dan bayam.

Tubuh kita mengubah beta-karoten menjadi vitamin A, yang berfungsi sebagai antioksidan, mencegah perusakan sel serta penuaan dini. Vitamin A juga berfungsi melawan jerawat.

Bayam dan sayuran hijau lainnya menyediakan banyak vitamin A untuk memproduksi sel kulit baru dan menghilangkan yang lama, mengurangi kekeringan kulit, dan menjaga wajah terlihat cerah dan muda. Mangga juga merupakan sumber vitamin A yang baik. Lebih baik mendapatkan vitamin ini dari makanan ketimbang dari suplemen, karena terlalu banyak vitamin A bisa menyebabkan masalah kesehatan.

* Vitamin E

Sejak dulu, vitamin E dikenal sebagai bahan yang baik untuk kulit, karena membantu menjaganya terlihat muda, berseri, dan lembut. Vitamin E melawan radikal bebas, termasuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin E juga menjaga kelembapan kulit, melawan kekeringan, dan membuatnya terlihat lebih muda.

* Gandum Utuh
Makanan gandum utuh, seperti roti lebih baik dari roti putih biasa. Kandungannya membantu melawan peradangan yang terkait dengan kerusakan kulit. Kandungan pada gandum memberikan biotin vitamin B, yang membantu sel memproses lemak. Jika Anda tak memiliki biotin yang cukup dalam tubuh, kulit Anda akan menjadi kering dan pecah-pecah.

Secara umum, gandum utuh, akan membantu kompleksi kulit terlihat lebih menawan ketimbang karbohidrat yang diproses. Tepung yang diproses bisa menyebabkan peningkatan insulin, yang bisa menyebabkan jerawat. Alpukat (tanpa tambahan susu manis atau gula) dan jamur bisa memberikan keuntungan yang sama.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...