welcome to Not Only Green weblog

Google Website Translator Gadget

Thursday, November 18, 2010

Phobaeticus Chani - Serangga Terpanjang Di Dunia

Serangga terpanjang di dunia ternyata ditemukan di Pulau Kalimantan, di kawasan yang disebut "Heart of Borneo", tepatnya di hutan hujan tropis perbatasan antara Malaysia, Indonesia, dan Brunei. Warga Kalimantan Tengah biasa menyebut serangga itu belalang bilah kayu. Serangga atau belalang stik berbentuk batang ini ditetapkan sebagai serangga terpanjang di dunia oleh ilmuwan asal Inggris.

Spesimen tersebut ditemukan oleh warga setempat dan diteliti oleh naturalis amatir Malaysia, Datuk Chan Chew Lun. Serangga unik ini kemudian diberi nama Phobaeticus chani atau Chan’s megastick.

Paul Brock dari Natural History Museum di London mengatakan bahwa ini adalah jenis serangga terpanjang yang pernah ditemukan selama ini. Bentuknya menyerupai pensil kurus dari bambu, panjangnya sekitar 22 inchi, dan panjang tubuh sekitar 14 inchi.

Apakah kehebatan serangga itu? Serangga ini punya kemampuan untuk berkamuflase untuk membela diri. Selain itu, dia juga bakal menyemprotkan cairan beracun untuk melawan predatornya. (dari berbagai sumber)

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...